Kejari Pekanbaru Punya Kasi Barang Bukti Baru, Ini Tugasnya

Kepala Kejari Pekanbaru Asep Sontani Sunarya melantik Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan yang baru.
Kepala Kejari Pekanbaru Asep Sontani Sunarya melantik Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan yang baru.

Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru melantik Jenda Riahta Silaban sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R). Jenda diharapkan bekerja dengan baik, sebagaimana yang telah dilakukan pejabat sebelumnya.


Jenda bertugas di Kota Bertuah menggantikan Anggara Hendra Setya Ali yang promosi sebagai Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Jakarta Barat. Proses pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Kasi PB3R Pekanbaru dilaksanakan pada Senin (27/11/2023).

"Dengan adanya peralihan ini, karena itu kebutuhan organisasi dan refreshing pembinaan terkait dengan arus mutasi, maka dari itu Kejari Pekanbaru hari ini dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah," ujar Asep.

Pelaksanaan pelantikan dihadiri para Kasi dan Kepala Subbagian Pembinaan (Kasubbagbin) serta pegawai Kejari Pekanbaru. Kegiatan itu diselenggarakan di Aula Kejari Pekanbaru.

"Tentunya dengan adanya promosi, mutasi yang merupakan hal biasa yang ada di suatu organisasi untuk Kejaksaan, kami berharap agar (pejabat baru) lebih bagus lagi dalam hal melaksanakan kinerja, khususnya melaksanakan fungsi di Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan," lanjut Kajari.

Disampaikan Kajari, dalam penanganan suatu perkara yang berkualitas, baik itu pidana umum maupun pidana khusus, tidak hanya berakhir pada pelaksanaan eksekusi badan saja. Melainkan juga sampai dengan eksekusi barang bukti dan barang rampasan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

"Artinya, tugas Jaksa ini tidak hanya eksekusi badan tapi juga melaksanakan eksekusi barang rampasan atau barang barang bukti yang ada di dalam isi putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap," jelas Kajari.

Seperti diketahui, selama Anggara menjabat Kasi PB3R, Kejari Pekanbaru berhasil menghimpun Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp10 miliar. Jumlah tersebut dihasilkan dari lelang barang rampasan yang dilakukan dalam tahun 2023 ini.

Atas kinerja apik tersebut, Kejari Pekanbaru mendapat tambahan anggaran sebesar Rp310 juta guna pengelolaan barang bukti dan barang rampasan dari Kejaksaan Agung RI.

"Tentunya saya berharap, Kasi PB3R yang baru ini yang menggantikan Pak Anggara, akan bekerja lebih baik lagi sehingga PNBP Kejari Pekanbaru bisa bertambah lagi," harap Kajari.

"Karena kan barang bukti yang ada di Pekanbaru ini sangat banyak sekali. Saya sudah perintahkan, tugaskan untuk menginventarisir semua barang bukti yang ada di Kejari Pekanbaru untuk penyelesaiannya," pungkas Asep.